Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2023 Menurut Muhammadiyah dan NU

Menjelang awal puasa tahun 2023 ini, netizen +62 selaku umat muslim pasti menunggu-nunggu tanggal pastinya mulai puasa tahun ini, karen selaku umat muslim pasti sudah mengetahui keutamaan dari bulan suci ramadhan ini, segala bentuk kebaikan akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat.

Oleh karena itu, banyak sekali netizen +62 mencari tahu kapan Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2023 ini dimulai, sudah bukan rahasia lagi sering kali terjadi perbedaan kapan mulai puasa dan lebaran idul fitri di kalangan netizen +62, karena acuannya paling tidak ada tiga apa saja?

Untuk kalangan yang tidak berafiliasi dengan dua orangnisasi besar seperti NU dan Muhammadiyah akan menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, tapi untuk kalangan yang berafiliasi dengan kedua organisasi besar itu akan mengikutinya.

Nitizen +62 tidak harus mempertanyakan atau memperdebatkan masalah ini, karena keduanya memiliki dalil, memiliki cara sendiri-sendiri dalam menentukan awal puasa, jadi tergantung netizen +62 mau ikut yang mana, Nah kalau kalian ingin menghikuti salah satu dari keduanya, atau menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, simak ulasan netizen +62 berikut :

Asal Puasa Ramadhan 2023
Awal Puasa Ramadhan 2023

Jadwal Mulai Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2023 Kapan ?

Ada 3 acuan netizen untuk memulai puasa di tahun ini, mengacu kepada Muhammadiyah, NU dan Pengumuman Pemerintah, adapan jadwal menurut ketiganya adalah sebagai berikut :

Jadwal puasa ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah

Muhammadiyah nitezen kenal adalah salah satu organisasi keagaam besar yang ada di Indonesia, mereka menentukan Awal Puasa dan Lebaran jatuh pada :

Hari Kamis 23 Maret 2023 adalah Puasa Ramadhan 2023
Hari Jum’at 21 April 2023 adalah 1 Syawal atau Idul Fitri 2023



Jadwal puasa ramadhan tahun ini menurut NU

Sedangan kan Nahdhatul Ulama atau NU juga merupakan Organisasi Keagaman besar yang ada di Indonesia akan memutuskan jadwal puasa ramadhan 2023 setelah melihat Bulan sabit terlebih dulu atau melihat hilal terlebih dahulu, inilah metode yang digunakan NU sehingga terdapat perbedaan dengan Muhammadiyah

Setelah melihat  hasil dari kontrol Bulan sabit itu melanjutkan dengan musyawarah yang melibatkan juga kementrian agama republik Indonesia dan wakil muhammadiyah.

Dalam konferensi itu hendak didetetapkan bila serta bertepatan pada persisnya buat agenda puasa romadhan 2023.

Walaupun kala memandang penanggalan tahun 2023 buat agenda puasa terletak diantara bertepatan pada 22- 23 maret, hendak namun buat Nahdlatul Malim’“ NU” hendak senantiasa melaksanakan konferensi afirmasi terlebih dulu.

Sebaliknya buat penguasa umumnya hendak memublikasikan agenda puasa ramadhan kala telah mengenali hasil dari konferensi afirmasi.

Sehabis itu kemudian diumumkan oleh Mentri Agama RI terpaut informasi kejelasan agenda puasa romadhan 2023.

Hendak namun bila terdapat seseorang atasan yang beragama dalam suatu majlis islam, hingga jama’ ahnya bisa menjajaki agenda puasa bagi atasan itu.

Dari pemberitahuan tersebutlah seluruh ummat mukmin diindonesia yang tidak memiliki atasan dalam suatu badan berbarengan melakukan Puasa ramadhan.


Rukun Dan Syarat Puasa Ramadhan 2023

Setelah mengetahui jadwal puasa Romadhan 2023 tentunya ummat muslim perlu juga memahami terkait rukun dan syarat puasa.

Agar ketika melaksanakan puasa lebih tenang dan nyaman karena paham dengan peraturan yang ada didalm puasa tersebut.

Adapun rukun puasa ramadhan 2023 adalah sebagai berikut :

Membaca Niat : Niat wajib dibaca pada malam hari hingga menjelang waktu subuh adapun niatnya bisa dilihat dalam artikel ini.


Doa Niat Puasa Ramadhan Tulisan Arab Latin Dan ArtinyaMenahan diri dari yang merusak Puasa : Seperti makan, minum, berbohong, marah, maksiat dan lain sebagainya.


Syarat Berpuasa Bulan Suci Ramadhan  di Tahun 2023

  1. Beragama Islam : Syarat utama puasa ramadhan adalah islam, jia bukan muslim maka puasanya tidak sah.
  2. Baligh : yakni sudah berumur 15 tahun bagi lelaki / keluarnya mani dan sudah haidh bagi wanita.
  3. Berakal Sehat / Tidak Gila : Bagi seorang muslim yang baligh akan tetapi ia gila maka tidak sah jika ia berpuasa
  4. Tidak Sakit : Sakit disini yakni yang benar-benar sudah tidak mampu lagi manjalankan puasa. Jika setelah ia sehat dari sakitnya maka wajib mengqodho dan jika sakitnya berkelanjutan atau karena sakit TUA maka boleh membayar fidyah.
  5. Mampu : Bukan hanya sakit akn tetapi jika ia sehat namun tidak mampu berpuasa seperti saat wanita sedang hamil atau menyusui atau sedang haidh atau nifas boleh tidak berpuasa. Akan tetapi mengqodho’nya pada bulan-bulan berikutnya.
  6. Tidak Sedang Safar Atau Perjalanan Jauh : Bagi seseorang yang sedang melakukan perjalan “Bukan maksiat” maka boleh tidak berpuasa. Wajib menggantinya pada bulan-bulan berikutnya.

Penutup

Demikianlah pandangan dari Netizen +62 yang tentunya diambil dari beberapa sumber yang kredibel terkait  dengan Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2023 Menurut Muhammadiyah dan NU.

Pesan Penting untuk sesama Netzen yang beragama Islam, jangan sampai perbedaan ini menjadikan permusuhan antara sesama,  Mudah-mudahan tulisan ini berguna,

Netzien +62 mengucapkan Selamat Melaksanakan Ibadah Puasa Bulan Suci Ramadhan Tahun 2023 mudah-mudahan puasanya dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan mendapat ganjaran Pahala dari Allah SWT Amin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama